Saturday, January 18, 2014

JAMU UNTUK WASIR

RAMUAN JAMU UNTUK WASIR

PATOFISIOLOGI: Wasir atau hemorrhoid merupakan varices (pelebaran pembuluh darah vena) yang terjadi pada rectum dan pada umumnya terletak pada bagian bawah rectum dan anus. Pembuluh vena ini kadangkala membengkak dan menjadi lebar, berdinding tipis dan terganggu karena lewatnya kotoran feces. Vena yang membengkak, berdarah dan atau gatal dan terasa sakit dikenal sebagai hemorrhoids atau wasir atau ambeien.

INDIKASI PEMBERIAN JAMU: Gejala-gejala wasir, pendarahan melalu anus berwarna merah terang yang dapat dilihat pada kotoran atau tissue toilet. Rasa sakit bila sedang buang air besar, bengkak disertai rasa sakit di daerah sekitar anus, rasa gatal anus dan pengeluaran lender malalui anus.   

RESEP JAMU #1

BAHAN-BAHAN
  • Rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza) – 1 jari
  • Klembak menyan (Gum benzoin) – ¾ ukuran jempol
  • Daun kaki kuda (Centella asiatica) – ¼ genggam
  • Daun saga manis (Abrus precatorius) – ¼ genggam
  • Daun patikan Cina (Euphorbia prostrate) 1/5 genggam
  • Gula enau, palm suiker (Arenga pinnata) – 3 jari 

PERACIKAN DAN DOSIS

Jamu minum: Cuci bersih semua bahan dan potong kecil-kecil. Masak semua bahan dengan 5 gelas air minum dan biarkan mendidih sampai tinggal 2 gelas. Dinginkan dan saring. Minum jamu ini 3 kali sehari ¾ gelas.

RESEP JAMU #2

BAHAN-BAHAN
  • Lidah buaya (Aloe vera) – ½ daun ukuran sedang
  • Madu – 1 sendok makan

PERACIKAN DAN DOSIS

Jamu minum: Buang duri daun lidah buaya, cuci dan kerat. Campurkan dengan ½ gelas air hangat dan tambahkan madunya. Aduk kemudian peras dan saring campuran itu. Minum semua air saringannya 3 kali sehari.

RESEP JAMU #3

BAHAN-BAHAN
  • Buah papaya (Carica papaya) – ½ buah papaya
  • Daun papaya – 2 lembar
  • Daun jambu mede (Anacardium occidentale -  folia) - secukupnya

PERACIKAN DAN DOSIS

Rebus buah dan daun papaya sampai lunak. Makan rebusan itu tanpa saus sambal apapun setiap hari. Untuk menghilangkan rasa pahit, rebuslah racikan ini bersama daun jambu mede.

CATATAN: Pendarahan lewat anus bisa juga merupakan tanda adanya kondisi yang lebih berbahaya seperti polip usus besar (colon), penyakit Crohn atau cancer rectum dan usus besar. Oleh karena itu diagnosa yang akurat untuk gejala pendarahan lewat anus ini sangat penting. Walaupun jarang ditemui, pendarahan yang kronis melalui anus karena wasir bisa menyebabkan terjadinya anemia.

CATATAN PENTING

Resep jamu dan teknik yang disebutkan dalam artikel ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan diagnosis dan pengobatan dari seorang praktisi medis. Sebelum menggunakan salah satu resep ini, penulis merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semua resep telah digunakan tanpa efek samping dan dianggap aman. Namun, karena beberapa orang memiliki kulit atau sistem pencernaan yang lebih sensitif dari pada yang lain, dan karena cara peramuan resep yang benar ada di luar kendali penulis, maka penulis tidak menerima tanggung jawab apapun yang berkaitan dengan penggunaan resep atau teknik-teknik peramuan yang terkandung dalam artikel ini 



No comments:

Post a Comment