Tuesday, January 21, 2014

JAMU UNTUK TONSILITIS

RAMUAN JAMU UNTUK TONSILITIS/RADANG AMANDEL

PATO-FISIOLOGI: Tonsil atau amandel merupakan kumpulan jaringan limfatik yang terletak di bagian belakang tenggorokan. Tonsil menghasilkan antibodi pada anak-anak sebagai garis pertama dari mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. Jika tonsil ini terinfeksi, kemungkinan besar oleh bakteri streptokokus, kondisi ini disebut tonsilitis atau radang amandel. Tonsilitis sering terjadi pada anak-anak dari 3 – 7 tahun dan biasanya tidak merupakan masalah yang serius, kecuali jika sudah berkembang menjadi abses tonsillar yang dapat menghambat aliran udara ke paru-paru.

INDIKASI: Gejala radang amandel: sakit tenggorokan berat dengan tonsil tampak berwarna merah dan bengkak.. Mungkin terdapat bercak-bercak putih atau nanah pada tonsil yang terinfeksi. Pembengkakan kelenjar getah bening dapat dirasakan di leher di bawah rahang.  Tonsilitis dapat disertai dengan demam suhu rendah dan sakit kepala.

RESEP # 1

BAHAN-BAHAN:
Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) – 3 buah

CARA MERAMU DAN DOSIS:
Kupas jeruk nipisnya, lalu cuci kulit kupasannya. Potong kulit jeruk nipis kecil-kecil dan didihkan dalam 2 gelas air minum. Biarkan mendidih sampai tersisa ½ gelas. Dingnkan dan saring. Gunakan rebusan sebagai obat kumur ataupun obat minum. Minum 3 sendok makan 3 – 4 kail sehari sampai keadaan membaik

RESEP # 2

BAHAN-BAHAN:
Buah pala (Myristica fragrans) – 2 buah
Cengkeh (Syzygym aromatica) – 20 butir
Minyak kelapa (Oleum cocos nucifera) – 3 sendok makan

CARA MERAMU DAN DOSIS:
Cuci bersih buah pala dan cengkeh. Memarkan keduanya dalam minyak kelapa sampai menjadi seperti bubur halus. Panaskan ramuan bubur ini dan balurkan merata pada leher.

RESEP # 3

BAHAN-BAHAN:
Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) – 1 buah
Kunyit (Curcuma domestica) – 1 ukuran jempol
Madu – secukupnya

CARA MERAMU DAN DOSIS:
Peras cairan jeruk nipis dan memamarkan rimpang kunyit sampai getahnya keluar. Campur kedua cairan dan tambahkan madu secukupnya. Minum jamu ini sedikit demi sedikit, 2 - 3 sendok makan, berulang-ulang sepanjang hari.

RESEP # 4

BAHAN-BAHAN:
Jus mengkudu (Morinda citrifolia) – 2 sendok makan
Perasan jeruk nipis (Citrus aurantifolia) – 1 sendok teh
Air perasan kunyit (Curcuma domestica) – 1 sendok teh
Air rebusan benalu teh (Scurrula atropupurea) – 8 sendok makan
Madu – 2 sendok makan

CARA MERAMU DAN DOSIS:
Masukkan semua bahan ke dalam air mendidih dalam botol yang telah dicuci bersih, lalu kocok dengan baik. Anak-anak dari usia 7 - 12 tahun dianjurkan minum 1 sendok teh 3 kali sehari, sementara anak-anak di atas 12 tahun, dapat meminumnya 1 sendok teh 5 kali sehari

CATATAN: Dalam kasus yang parah, dan juga pada infeksi tonsil yang berulang pada beberapa anak, terutama pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang tidak memadai, dokter mungkin akan melakukan operasi pengangkatan tonsil atau tonsilektomi. Resep jamu di atas bagus untuk mengurangi gejala pada tahap awal radang amandel. Karena radang amandel disebabkan oleh bakteri streptokokus, maka dokter biasanya meresepkan antibiotik sebagai pengobatan kausal.

CATATAN PENTING

Resep jamu dan teknik yang disebutkan dalam artikel ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan diagnosis dan pengobatan dari seorang praktisi medis. Sebelum menggunakan salah satu resep ini, penulis merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semua resep telah digunakan tanpa efek samping dan dianggap aman. Namun, karena beberapa orang memiliki kulit atau sistem pencernaan yang lebih sensitif dari pada yang lain, dan karena cara peramuan resep yang benar ada di luar kendali penulis, maka penulis tidak menerima tanggung jawab apapun yang berkaitan dengan penggunaan resep atau teknik-teknik peramuan yang terkandung dalam artikel ini




No comments:

Post a Comment