Tuesday, January 21, 2014

JAMU UNTUK RHINITIS

RAMUAN JAMU UNTUK RHINITIS/HIDUNG TERSUMBAT

PATO-FISIOLOGI: Rhinitis adalah peradangan pada selaput lender (mukosa) hidung dan biasanya disebabkan oleh reaksi alergi. Alergen atau faktor-faktor yang memicu reaksi alergi dapat berupa debu, serbuk sari, asap rokok cuaca dingin, atau polusi udara oleh lalu lintas dan industri.

INDIKASI: Gejala rhinitis: hidung tersumbat, sesak napas, batuk dan bersin, serta demam dalam beberapa kasus

BAHAN-BAHAN:
Batang sereh (Cymbopogon citratus) – 3 batang
Jahe merah (Red ginger) – 2 jari
Biji cengkeh (Syzygum aromatica,) – 7 butir
Biji kapulaga (Elettaria cardamommum,) 7 butir
Kayu manis kulit (Cinnamomum cassia,) – 1 batang
Bubuk kayu secang (Caesalpinia sappan ) - 1 sendok teh

CARA MERAMU DAN DOSIS:  Jamu rebusan; Cuci bersih semua bahan. Memarkan batang sereh dan jahe merah dan rebus dalam 6 gelas air. Masukkan semua bahan lainnya ke dalam air mendidih dan biarkan mendidih sampai tertinggal 3 gelas air. Dinginkan dan saring, kemudian simpan dalam botol yang bersih. Minum ½ gelas 3 kali sehari. Untuk meningkatkan rasa, tambahkan sedikit madu sebagai pemanis.

CATATAN PENTING

Resep jamu dan teknik yang disebutkan dalam artikel ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan diagnosis dan pengobatan dari seorang praktisi medis. Sebelum menggunakan salah satu resep ini, penulis merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semua resep telah digunakan tanpa efek samping dan dianggap aman. Namun, karena beberapa orang memiliki kulit atau sistem pencernaan yang lebih sensitif dari pada yang lain, dan karena cara peramuan resep yang benar ada di luar kendali penulis, maka penulis tidak menerima tanggung jawab apapun yang berkaitan dengan penggunaan resep atau teknik-teknik peramuan yang terkandung dalam artikel ini

No comments:

Post a Comment