Saturday, February 1, 2014

KHASIAT TRIGUNA PETAI CINA

KHASIAT TRIGUNA PETAI CINA


Tanaman Petai Cina (Leucaena leucocephala) tentu tidak asing bagi sebagian besar kita. Buah tanaman ini hampir sama dengan petai pada umumnya, hanya saja ukurannya lebih kecil dan berpenampang lebih tipis.

Petai cina yang termasuk familia Mimesaceae ini memiliki batang yang keras namun ukurannya tidak terlampau besar. Tanaman ini memiliki nama yang berbeda di sejumlah daerah. Orang Jawa menyebutnya Kemlandingan atau Lamtoro. Sedangkan masyarakat Sunda menamakannya Palanding, Peuteuy selong. Sementara orang Madura menyebut tanaman ini dengan Kalandingan.

Tumbuhan ini cocok untuk tumbuh di dataran rendah yang memiliki ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Beberapa tahun yang silam, tanaman ini hampir musnah karena serangan hama wereng coklat.

Daun petai Cina ini merupakan daun majemuk yang berbaris dalam tangkai berbilah ganda. Bunganya berbentuk jambul dengan warna putih. Orang sering menyebutnya cengkaruk. Buah petai cina digolongkan dalam buah polong berisi biji-biji kecil yang berjumlah cukup banyak. Tumbuhan ini sering digunakan sebagai tanaman pagar, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk hijau.

KHASIAT PENYEMBUHAN PETAI CINA

Selain untuk memasak, petai cina juga memiliki khasiat penyembuhan untuk berbagai penyakit, utamanya kencing manis (diabetes mellitus), meningkatkan gairah sex dan cacingan.

Diabetes mellitus – Untuk menyembuhkan diabetes biji petai cina yang sudah tua dan kering digoreng tanpa minyak dan kemudian ditumbuk halus. Ambil satu sendok makan tepung ini dan sedu dengan satu gelas air. Minum seduan ini sekali sehari 1 gelas. Untuk mempercepat penyembuhan minumlah seduan ini secara teratur setiap hari.

Meningkatkan gairah sex – Campurkan satu sendok makan bubuk petai cina, satu sendok teh bubuk lada hitam, dua butir kuning telur ayam kampung mentah plus satu sendok madu. Campur/aduk sampai rata dan minum ramuan ini sekaligus

Cacingan – Ambil satu sendok makan bubuk petai cina dan sedu dengan ½ - 1 gelas air panas. Aduk sampai rata dan minum sebelum tidur malam hari.

PETAI CINA DALAM RAMUAN ANTIDIABETES

Untuk memaksimalkan pengobatan diabetes, Petai cina bisa dikombinasikan dengan herbal antidiebetes lainnya sehingga ramuan itu memiliki khasiat ganda dan semakin ampuh. Pil Jamu Podosalametee Anti-Diabetes menggabungkan 3 jenis herbal, yaitu Sambiloto, Petai Cina dan Pule …. Baca info lengkap tentang Pil Jamu Podosalametee Anti-Diabetes di link ini: 
http://mimukbambangirawan.blogspot.com/2012/11/pil-jamu-podosalametee.html 

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment