Wednesday, February 5, 2014

KHASIAT ANTI-DIABETES BUNCIS

KHASIAT ANTI-DIABETES BUNCIS


Sungguh luar biasa! Hanya dalam waktu 30 menit buncis (Phaseolus vulgaris L) dapat menurunkan kadar gula darah hingga mencapai batas normal. Dalam suatu penelitian terhadap buncis yang dilakukan oleh sdri Yayuk, seorang peneliti IPB Bogor ditemukan 2 zat dalam buncis yaitu Beta-sitosterol dan Stigmasterol yang berkhasiat mampu meningkatkan produksi insulin yang dihasilkan pankreas

Insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah. Seorang yang menderita diabetes mellitus mengalami kekurangan insulin karena hanya sedikit insulin yang mampu diproduksi oleh pancreas, bahkan tidak mampu memproduksi insulin sama sekali.

Selain kedua zat di atas, penelitian Yayuk menyimpulkan bahwa dalam setiap 100 gram buncis terkandung:

  • Karbohidrat 7,81%
  • Lemak 0,28%
  • Protein 1,77%
  • Serat Kasar 3,07%
Bagi dunia kedokteran dan farmasi penemuan Yayuk ini tentu bisa dijadikan acuan untuk membuat obat anti-diabetes dengan meng-ekstraksi buncis. Dan tentunya banyak keuntungan yang diperoleh terutama bagi masyarakat luas, karena obat diabetes akan lebih murah dan mudah didapat dengan banyaknya bahan baku buncis yang tersedia

Bagi masyarakat, terobosan Yayuk ini bisa melegakan hati banyak pasien pengidap diabetes mellitus atau kencing manis, khususnya mereka dari kalangan kurang mampu. Cukup membeli sayur buncis dan memakannya secara teratur, kadar gula darah bisa turun. Pengolahannya pun tidak sulit. Khasiat buncis akan lebih besar bila dimakan mentah sebagai lalapan, atau dimasak sebagai oseng-oseng dengan tambahan sedikit daging.

Berbahagialah mereka yang sering makan lalapan buncis, karena selain manis dan nikmat, buncis ternyata menjaga mereka dari penyakit diabetes mellitus.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment