Saturday, February 1, 2014

KHASIAT KESEHATAN ADAS

KHASIAT KESEHATAN ADAS


Nama Latin: Foeniculum vulgare 
Nama-nama lain: hui hsiang; fennel; Foeniculum officinale; jintan manis
Adas merupakan satu dari sembilan herba paling berkhasiat di wilayah Anglo-Saxon. Adas dibudi-dayakan di Indonesia sebagai salah satu bumbu dasar maupun tanaman berkhasiat. Adas tumbuh pada ketinggian sampai 1.800 meter di atas pemukaan laut dan berasal dari Timur Tengah yang ditunjukkan oleh nama Cina; hui hsiang, yang berarti ‘rempah Muhammad’.

Adas merupakan herba semusim (perennial) dengan tinggi 0,5 – 2 meter. Adas tumbuh sebagai batang berkelompok berwarna hijau kebiruan, dengan batang beralur yang kosong di dalamnya. Batang adas memiliki aroma yang khas bila diremas. Bagian berkhasiat – yakni buahnya – berbentuk lonjong dengan panjang 6 – 10 milimeter dan lebar 3 – 4 milimeter. Buah mudanya berwarna hijau dan akan menjadi hijau kecoklatan sampai coklat tua setelah matang. Namun warna ini bisa berbeda di setiap negara. Buah matang mempunyai aroma yang khas dan memiliki rasa mendekati rasa kamper. 

Adas menghasilkan minyak volatile yaitu minyak adas (fennel oil, oleum foeniculi) yang tersedia dalam 2 jenis minyak, yang manis dan pahit. Minyak adas berasal dari proses destilasi buah adas yang matang atau dari bubuk buah yang dikeringkan. Minyak adas digunakan secara luas dalam industri farmasi. Adas juga digunakan sebagai bumbu masak untuk menambah rasa makanan, disamping untuk memperbaiki rasa jamu yang diminum.

BAGIAN BERKHASIAT: Buah kering, daun

KHASIAT PENYEMBUHAN: Buah kering: sebagai tonikum, analgesik, obat sakit perut, anti-kembung (carminative), penghilang dahak (mucolytic), dan stimulasi produksi ASI. Daun: diuretika, stimulasi produksi ASI, obat sakit perut dan memperbaiki penglihatan. Minyak adas juga dapat digunakan sebagai anti-kembung, antibakteri dan obat cacing..

INDIKASI: Buah kering: sakit perut, perut kembung, mual, muntah-muntah, diare, sakit kuning, kurang nafsu makan, batuk berdahak, asma, sakit waktu haid, tidak haid, kurang ASI, proteinuria (ginjal bocor), sulit tidur, turun berok, hernia inguinalis, radang testis, hidrokel testis (cairan pada kantong testis), sakit batu empedu, gout, keracunan obat dan jamur. Daun: batuk, perut kembung, kolik usus, rasa haus yang amat sangat dan untuk memperbaiki penglihatan.

DOSIS DAN PENGGUNAAN:

Jamu minum: Didihkan 3 – 9 gram buah adas kering dan minum sesuai petunjuk. Atau giling buah adas kering dan rendam dalam air mendidih, lalu minum selagi hangat. Daun adas dapat dikonsumsi sebagai sayuran atau dengan mendidhkannya dalam air minum lalu meminum jamu godogannya.

Untuk obat luar, giling buah adas kering menjadi bubuk. Taburkan bubuk ini pada daerah yang terkena sprue, sakit gigi, sakit telinga atau luka. Minyak adas juga dapat digunakan untuk menggosok tubuh bayi yang masuk angin.

Untuk indikasi-indikasi yang disebutkan di atas, adas digunakan secara sendiri ataupun dalam kombinasi dengan herba lainnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit sebagai berikut:

BATUK: 

(1) Rendam 5 gram bubuk adas dengan ½ cangkir air mendidih. Dinginkan lalu tambahkan 1 sendok teh madu, aduk merata dan minum 3 kali sehari sampai sembuh.

(2) Siapkan bahan-bahan sebagai berikut:
Daun saga (Abrus precatorius - folia) – ¼ genggam tangan
Kembang sepatu (Hybiscus Rosa-sinensis) – 2 bunga
Daun Poko (Mentha arvensis - folia) - 1/5 genggam tangan
Bunga Tembelekan (Lantana camara) – 10 bunga
Bawang Merah (Allium ascolonicum) – 2 butir
Bubuk Adas (Foeniculum vulgare) – 1 sendok teh
Batang Pulosari (Alyxia stellata) – 1 jari
Jahe (Zingiber officinale) – 1 jari
Gula Aren – 3 jari

Cuci bersih semua bahan dan potong kecil-kecil. Didihkan semua bahan dalam 3 gelas air minum dan didihkan terus sampai tersisa separuhnya. Dinginkan dan saring. Minum kamu godogan ini ½ gelas 3 kali sehari. 

ASMA:

(1) Tuangkan 10 tetes minyak adas dalam 1 sendok makan air panas. Minum ini selagi panas 3 kali sehari sampa keadaan membaik.

(2) Siapkan bahan-bahan sebagai berikut:
Bubuk Adas (Foeniculum vulgare) - ½ sendok teh
Batang Pulosari (Alyxia stellata
- rhizome) – ¼ jari
Kencur (Kaempferia galanga
- rhizome) – 2 jari
Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) – 1 jari
Jintan hitam (Cuminum cyminum) – ¼ sendok teh
Daun Poncosudo (Jasminum pubescens
, folia) – ¼ genggam tangan
Gula aren – 3 jari 

Cuci bersih semua bahan dan potong kecil-kecil. Didihka semua bahan dalam 4½ gelas air minum, didihkan terus sampai tersisa separuhnya. Dinginkan dan saring. Minum jamu godogan ini ¾ gelas 3 kali sehari sampai keadaan membaik.

SARIAWAN ATAU TUKAK DI MULUT:
 
Siapkan bahan-bahan sebagai berikut: 
Bubuk Adas (Foeniculum vulgare) – ¾ sendok teh
Ketumbar (Coriandrum sativum) – ¾ sendok teh
Daun Iler (Coleus scutellarioides, folia) – 1/5 genggam
Daun Sembung (Blumea balsamifera, folia) – ¼ genggam
Daun Pegagan (Centella asiatica - folia) – ¼ genggam
Daun Kentut (Paederia foetida, folia) - 1/6 genggam
Batang Pulosari (Alyxia stellata) – ¾ jari
Lempuyang Wangi (Zingiber aromaticum - rhizoma) – ½ jari
Kunyit (Curcuma domestica, rhizome) – ½ jari
Kayumanis (Cinnamomum burmanni) – ¾ jari
Palm sugar – 3 jari 

Cuci bersih semua bahan dan potong kecil-kecil. Didihkan semua bahan dalam 4½ gelas air minum dan didihkan terus sampai tersisa separuhnya. Dinginkan dan saring. Minum jamu godogan ini ¾ gelas 3 kali sehari sampai keadaan membaik. 

SAKIT HAID (Dysmenorrhea):

Bahan-bahan:
Daun Srigading (Nyctanthes arbortristis, folia) - 1/5 genggam
Bunga Srigading (Nyctanthe arbortristis, flower) - 1/5 genggam
Jintan Hitam (Cuminum cyminum) - ¾ sendok teh
Bubuk Adas (Foeniculum vulgare) - ½ sendok teh
Batang Pulosari (Alyxia stellata) - ½ jari
Bunga Kesumba Keling (Bixa orellana - flowers) - 2 bunga
Jeuk Nipis (Citrus aurantifolia) - 2 buah
Gula batu - 1 ukuran telur ayam

Cuci bersih semua bahan dan potong kecil-kecil. Didihkan semua bahan dalam 4½ gelas air minum dan didihkan terus sampai tersisa separuhnya. Dinginkan dan saring. Minum jamu godogan ini ¾ gelas 3 kali sehari sampai keadaan membaik. 

KERACUNAN OBAT DAN JAMUR: 

Rendam 5 gram bubuk adas dalam ½ cangkir liquor dan minum dalam keadaan perut kosong.

BATU EMPEDU: 

Rendam 5 gram bubuk adas dalam ½ cangkir air panas. Dinginkan lalu minum. Lakukan setiap hari sampa rasa sakit mereda 

CATATAN TAMBAHAN: Tindakan pembedahan merupakan pengobatan terbaik untuk hernia inguinalis, di mana khasiat adas untuk mengangkat kembali usus kedalam rongga perut hanya bersifat sementara. Hindari penggunaan adas dalam dosis besar. Beberapa rasa tidak nyaman yang terjadi berupa buang angin (kentut) dan bersendawa. Buah adas juga merupakan pengusir serangga (repellent) yang efektif

CATATAN PENTING

Resep dan teknik yang disebutkan dalam artikel ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan diagnosis dan pengobatan seorang praktisi medis. Sebelum menggunakan salah satu resep ini, penulis merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semua resep telah digunakan tanpa efek samping dan dianggap aman. Namun, karena beberapa orang memiliki kulit atau sistem pencernaan yang lebih sensitif dari pada yang lain, dan karena peramuan resep sebenarnya oleh pengguna adalah di luar kendali penulis, penulis tidak menerima tanggung jawab apapun yang berkaitan dengan penggunaan resep atau teknik-teknik yang terkandung dalam artikel ini


No comments:

Post a Comment