Saturday, February 1, 2014

KHASIAT TRIGUNA DAUN SALAM

KHASIAT TRIGUNA DAUN SALAM

Tentu anda mengenal daun salam, terutama para ibu, karena daun salam memang merupakan salah satu jenis penyedap alami yang banyak dipakai untuk menumis maupun membuat makanan berkuah. Daun salam (Syzogium polyanthum Walp) tidak hanya bisa digunakan untuk memasak, namun ternyata juga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Daun salam bisa digunakan dan sering dipakai untuk mengobati hiperkolesterol (kolesterol tinggi), diabetes mellitus (kencing manis) dan diare.
Bagian tanaman yang berkhasiat adalah daun, kulit batang, akar dan buah. Selain banyak ditanam dipekarangan rumah, salam juga tumbuh secara liar di hutan-hutan dan daerah pegunungan. Salam berbatang besar dan dapat mencapai ketinggian hingga 25 meter.
Daun salam cukup rimbun, berbentuk lonjong atau bulat telur dengan ujung yang runcing. Bila kita meremas daun salam segar, maka akan tercium bau yang harum. Bunga salam berwarna putih dan juga berbagu harum. Buah salam ukurannya kecil-kecil dan terasa agak sepet.
Berbagai referensi menyebutkan daun salam mengandung zat-zat bahan warna, zat samak, serta minyak atsin yang bersifat antibakteria. Zat tannin yang terkandung dalam salam juga berkhasiat sebagai astringent.
DAUN SALAM PENURUN KOLESTEROL
Jaman ini, orang mudah sekali terkena hiperkolesterolemia, yaitu keadaan di mana kadar kolesterol dalam darah lebih tinggi dari normal. Hal ini disebabkan perubahan gaya hidup terutama dalam menerapkan pola makan yang keliru. Fast food menjadi salah satu penyumbang terhadap kelebihan kolesterol dalam darah.
Sekarang juga banyak obat-obatan dan suplemen yang bisa meredakan kondisi ini. Kebanyakan dijual dengan harga yang fantastis, padahal hasil dari mengkonsumsi daun salam sebagai penurun kolesterol sama ampuhnya namun dengan harga yang luar biasa ekonomis.
Penyediaan: Ambil 5 – 10 lembar daun salam. Cuci bersih kemudian rebus dalam tiga gelas air bersih. Biarkan mendidih sampai tertinggal 1 galas seduan. Dinginkan dan saring. Minum malam sebelum tidur 1 gelas godogan daun salam ini. Minum terus setiap hari sampai kadar kolesterol anda mengalami penurunan.
DAUN SALAM UNTUK DIABETES
Siapkan seperti di atas menggunakan 7 – 15 lembar daun salam. Untuk hasil yang maksimal minum 2 kali sehari 1 gelas godogan daun salam
DAUN SALAM UNTUK DIARE
Ambil 15 daun salam segar, cuci bersih dan rebus dalam 2 gelas air bersih. Biarkan mendidih sampai tingal 1 gelas tersisa. Dinginkan dan saring, kemudian tambahkan sedikit garam. Minum 2 kali sehari 1 gelas godogan daun salam   

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment