Saturday, February 1, 2014

KHASIAT KESEHATAN BAWANG PUTIH

KHASIAT KESEHATAN BAWANG PUTIH


Nama Latin: Allium sativum
Nama lain: Da suan; Allium odorum; Allium chinensis; Allium scorodoprasum; Chinese chive,

Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 10 – 15 cm dengan batang yang silindris, dengan daun yang panjang dan sempit dengan dengan buah bulat yang tumbuh berkelompok. Bawang putih sudah lama digunakan dalam makanan dan obat-obatan Cina sejak sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Bawang putih telah lama dikenal dapat melindungi manusia dari berbagai macam parasit, mikroba, racun serta bahan berbahaya lain yang terkandung dalam makanan dan air. Oleh karenanya bawang putih merupakan penangkal yang mujarab terhadap berbagai bahan yang dapat menimbulkan infeksi yang mungkin masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan.

Tanaman bawang putih tumbuh di mana-mana secara luas dengan berjenis-jenis species, namun varietas yang akan dibahas di sini adalah yang ditanam di Cina, Jepang, Tibet, Nepal dan India bagian utara

BAGIAN BERKHASIAT PENYEMBUHAN: buli-buli

KHASIAT TERAPEUTIS: Anti-cacingan, anti-bakteri, anti-jamur, antiseptik, obat perut, tonikum, menghilangkan lendir dan dahak, memperbaiki pencernaan khususnya untuk daging, meningkatkan sekresi (pengeluaran) cairan lambung, usus dan saluran pernapasan, menghambat pertumbuhan tumor dan menurunkan tekanan darah

INDIKASI: Tumor dan pembengkakan, tuberkulosis, cacing tambang, cacing kremi dan parasit lainnya, diare dan disenteri, mimisan, infeksi bakteri, abses, kolesterol tinggi, arteriosklerosis, hipertensi, pilek dan flu, radang vagina yang disebabkan Candida albicans dan jamur lainnya, Athlete’s foot.

DOSIS DAN PENGGUNAAN: Bawang putih segar: 3 - 5 siung per hari, dimakan mentah atau dimasukkan ke dalam kapsul. Obat luar: Bubur/puree bawang putih segar dapat di balurkan pada abses sebagai antiseptik dan bahan penyembuh. Juga untuk kurap di daerah kepala dan athlete’s foot oleskan secukupnya pada daerah yang terkena infeksi, lalu bungkus dengan handuk yang kering dan bersih selama 1 – 2 jam. Setelah itu bersihkan sisa bawang putih dengan handuk kering.

Pencegahan flu dan pilek: Bila anda merasa akan terserang flu pilek, kupas dan lumatkan 10 siung bawang putih segar, lalu peras jusnya melalui sehelai kain, lalu simpan perasan bawang putih dalam sebuah botol kecil dengan pipet. Teteskan 1 tetes perasan bawang putih dalm tiap lubang hidung 3 X sehari. Ramuan Cina ini sangat ampuh mencegah serangan flu pilek yang menular.

EFEK SAMPINGAN: Penggunaan bawang putih yang berlebihan disebut dapat menimbulkan kerusakan pada mata, pusing dan hilangnya enerji.

CATATAN: Bawang putih memiliki khasiat antibakteri dan anti-mikroba yang menonjol. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa bawang putih memiliki khasiat antibakteri lebih besar dibanding penicillin. Satu milligram bahan aktif dalam bawang putih, yaitu allicin setara dengan 15 unit standar penicillin. Bawang putih juga sangat efektif terhadap infeksi jamur termasuk Candida, yang menjadi penyebab dalam banyak kasus vaginitis.

Satu pengobatan tradisional Cina untuk tuberkulosis antara lain ialah kompres tebal dari cincangan bawang putih yang diletakkan pada punggung penderita yang kemudian ditutup dengan kain basah. Lalu disetrika untuk memanaskan kompres bawang putihnya, yang mendorong uap bawang putih ke dalam lapisan kulit, terus memasuki rongga dada di mana uap akan membunuh bakteri penyebab tuberkulosis

Khasiat terapeutis bawang putih sudah dipastikan tanpa keraguan oleh banyak sekali penelitian modern di seantero belahan bumi ini. Telah terbukti dengan jelas bahwa allicin secara efektif menurunkan serum kolesterol dengan memblok biosintesanya. Suatu senyawa sulfat aktif dalam bawang putih adalah methyl allyl trisulfide, yang berkhasiat melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan, sehingga mencegah terjadinya hipertensi.

Suatu senyawa lain yang dinamakan ajoene menghambat kecenderungan sel darah untuk menempel satu sama lain (platelet aggregation), sehingga bisa mencegah terjadinya stroke, serangan jantung dan penyakit jantung lainnya yang disebabkan oleh pembentukan bekuan darah yang akan membendung aliran darah

Suatu penelitian yang menonjol di daratan Cina meliputi 11 pasien dengan cryptococcal meningitis yang mematikan. Semua kesebelas pasien berhasil dirawat dan sembuh setelah terapi bawang putih selama beberapa minggu. Penelitian independen lain di Jepang dan Rumania baru-baru ini juga membuktikan bahwa bawang putih efektif melindungi organisme hidup terhadap serangan virus influenza

Semoga bermanfaat.
Wassalam, © Mimuk Bambang Irawan


No comments:

Post a Comment