Saturday, February 1, 2014

KHASIAT KESEHATAN SINGKONG

KHASIAT KESEHATAN SINGKONG


Singkong Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Tulang dan Jantung

Apakah anda termasuk orang yang suka makan singkong? Umbi yang murah meriah ini mudah sekali dijumpai di Indonesia. Semua orang dari berbagai lapisan masyarakatnya dapat memakannya. Walaupun dikenal sebagai makanan ‘kampung’, nyatanya singkong punya segudang manfaat untuk kesehatan kita.

Dilansir dari Nutrition and You, singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat dibandingkan dengan kentang. Maka tak salah jika singkong dijadikan salah satu makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Dalam 100 gram singkong terkandung 160 kalori yang sebagian besarnya terdiri dari sukrosa.

Singkong lebih rendah lemak dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Namun namun memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan ubi, kentang dan pisang.

Singkong kaya akan vitamin K yang berperan dalam pembentukan masa tulang. Sehingga konsumsi singkong dapat menurunkan resiko terjadinya osteoporosis. Selain itu vitamin K akan melindungi dan berperan penting dalam pengobatanm penyakit Alzheimer dengan cara membatasi kerusakan saraf di otak.

Umbi yang lezat ini merupakan sumber vitamin B Kompleks yakni keompok vitamin seperti thiamin (B2), piridoksin (B6), riboflavin (B3), asam folat dan asam pantotenat. Riboflavin berperan dalam pertumbuhan tubuh dan produksi eritrosit (sel darah merah) sehingga mengurangi kemungkinan anemia.

Singkong merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh, antara lain seng (Zn), magnesium (Mg), tembaga (Cu), besi (Fe) dan mangan (Mn). Selain itu singkong memilik jumlah kalium (K) cukup yang merupakan komponen penting dalam pembentukan sel-sel tubuh serta mengatur tekanan darah.

Sebuah penelitian seperti yang dilansir Affleap menunjukkan manfaat singkong sebagai penurun kolesterol jahat dalam darah. Tak hanya itu, singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan merupakan sumber serat yang bagus. Tak mengherankan jika singkong dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung, stroke, kanker usus besar dan membantu mengendalikan diabetes.

Khasiat kesehatan ini dapat diperoleh dengan satu catatan: singkong harus diolah dengan direbus atau dikukus. Semoga bermanfaat.  

No comments:

Post a Comment