Thursday, November 9, 2017

JAMU UNTUK PERIKARDITIS

JAMU UNTUK PERIKARDITIS

PATOFISIOLOGI:  Penyakit-penyakit jantung sangat bervariasi dalam hal keadaan dan keparahan jenis penyakitnya. Penyakit jantung bisa bersifat ringan dan kronis, bisa berkembang dengan lambat maupun dapat menyerang dengan tiba-tiba, dengan rasa tidak nyaman bahkan sampai kematian. Beberapa jenis penyakit jantung berhubungan erat dengan pilihan diet dan gaya hidup seseorang, sehingga dapat dicegah. Penyakit jantung lain karena factor genetika atau turunan, infeksi, atau factor-faktor penyebab lainnya yang tidak diketahui.
Penyakit jantung yang umum kita temui antara lain: aritmia jantung, penyakit jantung koroner, penyakit katub jantung, penyakit perikardial, penyakit miokardial primer dan penyakit jantung kongenital.
Gejala penyakit jantung dapat meliputi: rasa nyeri dan sesak dada, seringkali berhubungan dengan angina dan serangan jantung. Rasa nyeri seperti ditusuk pada dada merupakan gejala perikarditis. Gejala lainnya: rasa jantung yang berdenyut atau berdebar keras dan cepat, yang dikenal dengan palpitasi; sesak napas, pembengkakan atau oedem pada tungkai bawah, sendi lutut, perut, paru-paru atau jantung; pusing, lemah serta hilangnya kesadaran alias pingsan. 
Resep #107
Resep untuk mengurangi cairan yang berlebihan dalam pericardium karena perikarditis (radang selaput luar jantung)
BAHAN-BAHAN: JAMU PERIKARDITIS
Daun kemangi (Basil leaves - Ocimum basilicum, folia) – ½ genggam
Biji kemangi (Basil seeds - Ocimum basilicum) – ½ sendok teh 
Akar kemangi (Basil roots - Ocinum basilicum, radix) – 2 akar 
Kencur (Zedoary - Kaempferia galangal) – 1 jari jempol 
CARA MERAMU DAN DOSIS: JAMU PERIKARDITIS
Jamu minum: Cuci kencur dan memarkan. Rebus kencur bersama bahan-bahan lainnya dengan 2 gelas air minum, biarkan mendidih sampai tertinggal hanya 1 gelas. Dinginkan dan saring. Dosis: minum ½ gelas 2 kali per hari.

No comments:

Post a Comment