Wednesday, November 8, 2017

JAMU UNTUK CYSTITIS

JAMU UNTUK CYSTITIS

PATO-FISIOLOGI:  Cystitis adalah infeksi kandung kemih yang bisa bersifat akut atau kronis. Penyebab paling umum pada wanita ialah kuma Escherichia coli, bakteri berbentuk batang yang secara normal hidup dalam usus manusia yang bisa tersapu ke dalam saluran kencing wanita pada saat cebok sehabis buang air besar. Penyebab umum lainnya ialah kuman Gnococcus, kuma penyebab penyakit kelamin Gonorrhea. Sumber infeksi lain adalah infeksi dari bagian atas sistim urinaria, yaitu infeksi ginjal.
INDIKASI: Gejala Cysititis: Rasa ingin dan sering kencing yang bisa dibarengi rasa sakit. Adanya darah atau nanah dalam air seni. Pemeriksaan
Resep # 106
BAHAN-BAHAN: JAMU CYSTITIS
Daun Kumis Kucing (Cat’s whisker-Orthosiphon aristatus) – 2 genggam 
Kayu
Anyang (Elaeocarpi fructus, stem) – 100 gram 
Adas (Fennel-Foeniculum vulgare) – 100 gram 
CARA MERAMU JAMU DAN DOSIS:
Jamu minum: Rebus semua bahan denga 3 gelas air minum sampai tertinggal 1½ gelas. Dinginkan lalu saring. Dosis: minum 1 gelas 3 kali sehari
Resep # 107
 BAHAN-BAHAN:  JAMU CYSTITIS
Kayu Kedondong (Notophanax fruticosum - bark) – 4 kerat ukuran jari
Sirup (air gula) – 2 sendok makan
CARA MERAMU JAMU DAN DOSIS:
Jamu minum: cuci bersi dan potong kecil-kecil kayu kedondongnya. Rebus dengan 5 gelas air minum sampai tertinggal 2½ gelas. Dinginkan lalu saring. Minum: 1 gelas 3 kali sehari.
CATATAN:  Cystitis harus diobati secara efektif sebelum menjadi kronis dan sulit disembuhkan. Pilihan antiobiotik harus diberikan setelah mikro-organisme/kuma penyebabnya teridentifikasi melalui pemeriksaan laboratotium.

No comments:

Post a Comment