Tuesday, April 22, 2014

MENCEGAH KANKER DENGAN TOMAT

MENCEGAH KANKER DENGAN TOMAT


Tentu anda mengenal tanaman sayur ini. Warna merah tomat yang sudah matang mengundang selera kita untuk memakannya atau dijadikan minuman jus segar. Sesungguhnya selain warnanya yang eye catching, tomat memiliki banyak kandungan gizi yang membawa banyak pula manfaat.

Ada dua jenis tomat (Solanum lycopersicum) yang sering kita temui sehari-hari, yakni tomat buah dan tomat sayur. Perbedaannya terletak pada bentuk dan ketebalan kulitnya. Tomat buah berbentuk rada lonjong dengan kulit yang tebal, sedangkan tomat sayur bentuk bulat dengan kulit yang tipis.

Penggunaannya juga berbeda. Tomat buah biasanya digunakan dalam salad atau langsung dimakan tanpa dimasak. Tomat sayur digunakan sebagai sayur dan sop-sopan serta tidak tahan lama.

Tanaman tomat banyak tumbuh di daerah pegunungan yang tanahnya mengandung pasir dan tumbuh baik pada ketinggian sekitar 2.500 meter di atas permukaan laut.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa tomat banyak mengandung fosfor, kalsium, besi dan sulfur. Selain itu tomat juga mengandung protein, beta-karoten, vitamin A, B1 dan C. Karena kandungan yang kaya zat gizi, maka tomat berkhasiat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit seperti; gusi berdarah, sembelit (susah buang air besar), membersihkan darah dan hati serta pencegahan usus buntu. Tomat juga bermanfaat bagi perawatan kecantikan, karena membuat wajah lebih segar.

Untuk mengobati gusi berdarah, cuci buah tomat yang masih segar lalu dimakan lansung. Untuk hasil maksimal, lakukan itu sehari sekali selama satu bulan. Untuk mengatasi sembelit, buatlah jus tomat dan minum sesudah makan. Lakukan ini bila anda terkena sembelit sampai anda bisa B.A.B dengan lancar kembali.

Untuk perawatan wajah, peras tomat yang berwarna merah tua lalu oleskan air tomatnya ke wajah berkali-kali setiap hari. Cara lain adalah dengan mengiris tomat lalu gosokkan irisan tomat ke wajah anda.

Sejumlah ahli meyakini bahwa tomat dapat mencegah terjadinya kanker karena adanya kandungan zat lycopene dalam tomat. Lycopene ini merupakan antioksidan yang mampu melindungi tubuh terhadap kerusakan sel yang dapat mengakibatkan terjadinya kanker. Seperti halnya antioksidan yang lain, lycopene pada tomat mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, yaitu sel penghancur yang terbentuk dalam tubuh kita akibat polusi, asap rokok dan sinar-ultaviolet di sekitar kita.


Antioksidan berperan penting dalam pencegahan berbagai penyakit termasuk kanker, diabetes, penyakit jantung dan banyak lagi. Kenali jenis-jenis antioksidan yang banyak terdapat di sekitar kita agar kita bisa mengkonsuminya di blog saya ini http://mimukbambangirawan.blogspot.com/2012/09/antioksidan-dan-radikal-bebas-bagian-1.html

No comments:

Post a Comment